rss_feed

Desa Prupuh

Jl. Raya Prupuh No. 74
Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur
Kode Pos 61156

mail_outline desaprupuh@gresikkab.go.id

  • MUSHOLLIN

    Kepala Desa

    Tidak di Kantor
  • BAMBANG SUNANTO

    Sekretaris Desa

    Tidak di Kantor
  • YULIANI

    Kaur TU & Umum

    Tidak di Kantor
  • FAIDAH ZUNIARTI

    Kaur Keuangan

    Tidak di Kantor
  • ADI MUDJI PURNOMO

    Kaur Perencanaan

    Tidak di Kantor
  • SHOLIHIN HIDAYAT

    Kasi Pemerintahan

    Tidak di Kantor
  • ASFARINA

    Kasi Pelayanan

    Tidak di Kantor
  • INDAH FIDYAWATI

    Kasi Kesra

    Tidak di Kantor
  • MOHAMMAD QORIB

    Kepala Dusun Larangan

    Tidak di Kantor

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang di Website Sistem Informasi Desa Prupuh Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur
fingerprint
TPST3R Mandiri Prupuh

03 Nov 2021 08:08:23 362 Kali

TPST 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu - Reduce, Reuse, Recycle) Mandiri Desa prupuh yang juga terintegrasi dengan Bank Sampah Mentari Desa Prupuh telah membawa Desa Prupuh cukup dikenal sekecamatan Panceng bahkan sampai ke Tingkat Kabupaten.

Isu sampah memang sudah menjadi isu global, dimana sampah butuh penanganan yg serius sehingga sampah tidak menimbulkan masalah baru. Dengan adanya TPST ini diharapkan mampu mengentaskan permasalahan sampah, melalui pemilahan sampah organik dan anorganik.

Di TPST 3R Mandiri Desa Prupuh : "semua sampah tertangani dan termanfaatkan sesuai dgn jenis sampahnya masing2...tidak ada lagi pembakaran di tempat pembuangan sampah akhir karena semua sampah sudah di pilah sesuai dg jenisnya masing2 dan pemanfaatan sampah anorganik dan organik dg item sampah yg ada..maksudnya sampah organik di manfaatkan sebagai pupuk organik dan buat pakan ternak sekaligus budidaya magot dll...kemudian sampah anorganik kita mamfaatkan buat kerajinan,....TPST 3R Mandiri Desa Prupuh sudah di akui DLH karena sudah melakukan pemilahan sampah sesuai jenis sampah masing2 yg berbasis 3r sehingga tidk ada lagi pembakaran...penjelasan Saiful Arif selaku pengelola TPST 3R Desa Prupuh.

TPST 3R Desa Prupuh sudah diakui oleh DLH Gresik, sebagai bentuk perhatian DLH terhadap kegiatan TPST 3R Mandiri Desa Prupuh, DLH memberikan apresiasi berupa insentif terhadap pengelola.

TPST 3R Mandiri juga sudah membina Bank Sampah Desa Siwalan serta membina Organisasi Keagamaan dalam hal ini Organisasi Fatayat NU Ranting Banyutengah dalam rangka Lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten hinggga mampu mendapat Juara 1 Tingkat Kabupaten.

Dengan TPST 3R Mandiri yang sudah mendapat pengakuan DLH,hal ini menjadikan Bank Sampah Mentari Desa Prupuh juga mendapatkan legalitas dan sekarang Bank Sampah Mentari telah resmi berbadan hukum dengan dikuatkan adanya akte notaris sebagai Koperasi Produsen Bank Sampah Mentari.

Beberapa kegiatan yg telah diikuti oleh TPST 3R Mandiri dan Koperasi Produsen Bank Sampah Mentari yaitu : Pelatihan tentang Manajemen Bank Sampah, Study banding Bank Sampah Kediri, tergabung dalam ASBAG (Asosiasi Bank Sampah Gresk), serta tergabung dalam ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia).

TPST 3R Mandiri juga sudah beberapa kali menerima kunjungan, antara lain dari Bertoyoguci, Romo Manyar, UPT SMP N 12 Gresik, Desa Petiken serta Kampung Kreasi Gresik. Kunjungan-kunjungan tersebut dengan tujuan belajar penngelolaan sampah serta budidaya magot. Magot yang dihasilkan TPST 3R memang sudah cukup banyak dengan kapasitas produksi 12kg/bulan.

TPST 3R serta Koperasi Produsen Bank Sampah Mentari ada dan mampu berdiri sampai saat ini karena didukung oleh masyarakat yg sadar dan peduli tentang lingkungan. pengelolaan sampah memang harus dimulai dari hulu yaitu dari rumah serta lingkungan terkecil, upaya pendampingan secara terus menerus perlu dilakukan untuk mengubah perilaku masyarakat.

Operasional dan tata kelola TPST 3R ini diharapkan kedepannya mampu menumbuhkan entrepreneurship pengelola dan para pekerjanya sehingga keberadaan fasilitas ini dapat mendorong ekonomi masyarakat sekitar melalui penyediaan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja formal dan non formal, serta inovasi kreatif pemanfaatan sampah menjadi berbagai barang atau produk yang layak jual.

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

assessment Statistik Desa

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Raya Prupuh No. 74
Desa : Prupuh
Kecamatan : Panceng
Kabupaten : Gresik
Kodepos : 61156
Telepon :
Email : desaprupuh@gresikkab.go.id

insert_photo Album Galeri